Cara Menarik dan Membatalkan Uang yang Sudah Ditransfer

Cara Menarik dan Membatalkan Uang yang Sudah Ditransfer

Banyak nasabah yang mencari cara menarik dan membatalkan uang yang sudah ditransfer ke rekening yang salah.

Kesalahan itu kerap terjadi akibat kesalahan dari nasabah yang akan melakukan transfer itu sendiri. Biasanya karena terburu-buru melakukan transfer, sehingga nasabah salah memasukkan nomor rekening atau salah memasukkan nominal transfer dan nasabah tersebut tidak sempat cek ulang kembali.

Alhasil, ketika bukti transfer sudah keluar nasabah baru sadar bahwa ada kesalahan saat melakukan transfer uang.


Tapi anda tidak usah khawatir jika anda terlanjur transfer pada orang yang salah, masih ada kesempatan untuk mengembalikan uang milik anda yang telah terlanjur ditransfer ke nomor rekening yang salah tersebut.

Cara Menarik Uang yang Sudah Terlanjur Ditransfer

Jika kesalahan terjadi ketika anda sedang melangsungkan proses transfer uang di mesin ATM atau pun M-Banking, anda hanya cukup menekan tombol  Cancel pada mesin ATM atau M-Banking yang anda gunakan. Sehingga kesalahan transfer yang dilakukan bisa dibatalkan dengan segera.

Namun, akan lebih serius masalahnya jika anda sudah terlanjur selesai melakukan transfer uang ke nomor rekening yang salah. Hal yang harus anda lakukan adalah sesegera mungkin untuk melaporkan kesalahan tersebut ke pihak bank yang anda gunakan untuk transfer tersebut.

Memang pihak bank tidak bisa mengembalikan uang yang sudah terlanjur masuk ke rekening yang salah tersebut, akan tetapi nantinya pihak bank akan membantu dan menjadi perantara untuk nasabah dalam proses pengembalian uang dari pemilik rekening yang telah menerima uang tersebut.

Jika anda mengalami kesalahan transfer uang, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk membatalkan transfer uang ke rekening yang salah.

Lapor Kesalahan ke Bank

Anda bisa menelpon call center maupun customer service bank yang anda gunakan dan melaporkan kesalahan tersebut. Anda juga bisa datang langsung ke kantor cabang untuk melakukan pengaduan tersebut agar segera ditangani.

Jelaskan Kronologi Kejadian Secara Rinci

Jelaskan kronologi kejadian secara jelas dan terperinci dengan menyebutkan detail waktu, nomor rekening, dan juga metode transfer yang anda gunakan sehingga pihak bank bisa paham dan mengerti proses kejadian tersebut.

Siapkan Identitas Diri Serta Bukti Salah Transfer

Siapkan identitas diri berupa KTP, ATM dan buku rekening serta struk bukti transfer. Hal ini harus dibawa ketika kita melakukan pelaporan ke kantor cabang. Akan tetapi jika kita melakukan pelaporan lewat call center, biasanya bukti-bukti tersebut harus dikirim ke alamat email resmi bank tersebut.

Tunggu Proses Verifikasi Bank

Langkah selanjutnya ketika anda sudah melaporkan kejadian secara detail adalah menunggu verifikasi oleh pihak bank. Tunggu dengan sabar, pihak bank akan membantu anda dalam menyelesaikan kesalahan transfer yang terjadi sesuai Standard Operating Procedure (SOP) bank.

Pihak Bank Akan Menjadi Perantara

Jika kejadian tersebut terbukti benar, maka pihak bank akan membantu anda sebagai perantara untuk menghubungkan anda dengan pemilik rekening yang menerima dana. Hal ini harus anda lakukan secara personal karena pihak bank tidak bisa serta merta mengambil uang dari rekening penerima.

Menimbang peraturan dalam undang-undang nomor 3 pasal 85 tahun 2011, masih ada kemungkinan bahwa pihak penerima uang mau mengembalikan uang milik anda.

Tunggu Pengembalian Uang

Selama proses pelaporan anda harus mematuhi semua aturan dari pihak bank dan anda harus sabar menunggu proses pengembalian uang.

Demikianlah beberapa cara menarik dan membatalkan uang yang sudah ditransfer, semoga bisa membantu.

Share

Belum ada Komentar untuk "Cara Menarik dan Membatalkan Uang yang Sudah Ditransfer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel