Review Aplikasi Flip: Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Review Aplikasi Flip: Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Flip merupakan sebuah aplikasi yang meringankan transaksi transfer antar bank dari segi biaya admin.


Biaya admin masih menjadi momok bagi mereka yang kegiatan sehari-harinya bergelut dalam transaksi transfer. Memang tidak terlalu besar hanya Rp6.500 per satu kali transfer, tetapi jika transfer dilakukan berkali-kali dalam satu hari mungkin akan membengkak dalam biaya administrasinya.

Bagi anda yang memiliki masalah demikian, anda patut mempertimbangkan aplikasi Flip untuk menemani aktivitas transfer.

Review Aplikasi Flip

Apa Itu Aplikasi Flip dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Aplikasi Flip merupakan aplikasi penyedia jasa transfer antar bank dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan gratis biaya administrasi.

Aplikasi besutan anak negeri ini dibawah naungan PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi yang didirikan pada tahun 2015. Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solihin lah pembuat aplikasi Flip ini.

Aplikasi Flip ini memiliki legalitas dari Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68, jadi dijamin aman dan resmi.

Biaya gratis dari Flip ini tidak memiliki batas jumlah uang yang di transfer tiap transaksi transfernya, selama jumlah transfer per hari dibawah Rp5.000.000. jika anda ingin melakukan transfer diatas jumlah transfer perhari tersebut, akan dikenakan biaya Rp2.500 hingga Rp3.500 untuk transaksi transfer sampai Rp50.000.000.

Cara kerja dari aplikasi Flip ini yaitu berfungsi sebagai perantara antara bank satu dengan bank yang lain. Jadi, ketika pengguna akan transfer ke bank tujuan tidak akan langsung dialamatkan ke penerima melainkan lewat Flip terlebih dahulu kemudian akan di sampaikan ke bank tujuan.

Sebagai contoh, nasabah bank B akan melakukan transfer uang ke nasabah bank M sebesar Rp100.000. Jika menggunakan ATM, m-Banking ataupun i-Banking akan dikenakan biaya Rp6.500. Fungsi dari Flip disini yaitu nasabah bank B melakukan transfer Rp100.000 (ditambah 3 digit kode unik) ke rekening bank yang sama dengan nasabah bank B milik Flip terlebih dahulu. Lalu Flip akan transfer uang Rp100.000 kepada nasabah bank M menggunakan bank yang sama dengan milik nasabah bank M milik Flip. Dengan demikian, transaksi tidak akan dikenakan biaya.

Fitur yang Ada pada Aplikasi Flip

1. 14 Bank yang dicover oleh aplikasi Flip

    14 bank besar yang digandeng oleh aplikasi Flip ini adalah BCA, BNI, BNI Syariah, Bank Mandiri,        Bank Mandiri Syariah, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, BRI, Bank Muamalat, Bank Permata,         Bank Permata Syariah, BTPN, Jenius, dan BTPN Now.

2. Dapat mendeteksi otomatis pemilik nomor rekening

    Sama seperti transfer via ATM, aplikasi Flip ini juga bisa mendeteksi secara otomatis dari pemilik         rekening tujuan.

3. Ada chat langsung didalam aplikasi

    Anda bisa dengan mudah menghubungi CS secara langsung dengan fitur live chat in-app. Jadi fitur        ini memudahkan anda jika mengalami kendala.

4. PPOB untuk isi pulsa

    Saldo yang dikumpulkan dari tiap transaksi nantinya tidak akan masuk ke rekening Flip, melainkan        bisa dimanfaatkan untuk membeli pulsa atau bisa untuk membeli voucher listrik dan paket data.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Flip

Kelebihan aplikasi Flip

1. Biaya transfer antar bank gratis

    Tidak akan dipungut biaya Rp6.500 tiap kali transfer

2. Bukti transaksi akan dikirim via email dan aplikasi

    Bukti transaksi akan dikirim via email dan juga aplikasi ketika sudah melakukan transfer dana

3. Memiliki keamanan ganda

    Flip menjamin enkripsi informasi sensitiv sehingga data keuangan anda tidak akan bocor

4. Mendapatkan saldo gratis jika menggunakan referral

    Ketika anda mendaftar apliaksi dengan menggunakan kode referral dari rekan, maka ada kesempatan     untuk mendapatkan saldo Cuma-Cuma sebesar Rp20.000 untuk transaksi Rp100.000 pertama

5. Rekening tujuan transfer tidak harus memiliki Flip

    Flip sepenuhnya terhubung dengan bank-bank besar dengan rekening milik Flip sendiri. Jadi, anda         tidak perlu khawatir ketika nasabah bank tujuan transfer tidak memiliki aplikasi Flip. Uang tetap             akan sampai dengan selamat.

Kekurangan aplikasi Flip

1. Proses verifikasi sedikit rumit

    Meskipun dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sama dengan aplikasi keuangan lainnya yang     membutuhkan foto KTP, swafoto, dan swafoto memegang KTP. Tetapi proses verifikasi Flip                 cenderung rawan gagal.

2. Proses transfer agak sedikit lama dibanding dengan transfer real time

    Laman resmi Flip menyatakan proses transfer akan diselesaikan dalam waktu 20 menit. Hal itu            dikarenakan Flip menggunakan jaringan perbankan biasa yang tentu ramai oleh transaksi perbankan      lainnya.

3. Transfer sebaiknya dilakukan pada jam operasional

    Flip menyediakan waktu bantuan dari pukul 07.00 sampai pukul 20.00. jadi pengguna Flip tidak             memiliki waktu 24 jam dalam kelancaran transfer.

Demikianlah ulasan singkat dari aplikasi Flip, apakah anda tertarik untuk menggunakan jasa Flip dalam transaksi anda?

 

Share

Belum ada Komentar untuk "Review Aplikasi Flip: Fitur, Kelebihan dan Kekurangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel